Pages

Navigation Menu

SYAWALAN/KRAPYAKAN (Lopis Raksasa).


Kota Pekalongan kaya dengan acara Budaya Tradisional. tradisi ini tetap terpelihara secara turun temurun dalam kurun waktu yang panjang. para wisatawan yang kebetulan berkunjung bertepatan dengan penyelenggaraan acara-acara tradisional ini, bisa ikut menyaksikan jalannya upacara yang cukup menarik dan unik. beberapa acara tradisi ini diantaranya adalah SYAWALAN/KRAPYAKAN (Lopis Raksasa).
syawalan merupakan tradisi masyarakat kota pekalongan khususnya masyarakat daerah Krapyak di bagian utara kota pekalongan, yang dilaksanakan pada setiap hari ketujuh sesudah hari raya idul fitri.
hal paling menarik dalam pelaksanaan tradisi ini adalah dibuatnya Lopis Raksasa yang ukurannya mencapai tinggi 2 meter diameter 1,5 meter dan berat mencapai 225 Kg. setelah acara do'a bersama, lopis raksasa kemudian dipotong oleh walikota pekalongan dan dibagi-bagi kepada para pengunjung.
para pengunjung biasanya berebut untuk mendapatkan lopis tersebut yang maksudnya untuk mendapat berkah. pembuatan lopis dimaksutkan untuk mempererat tali silaturahmi antar masyarakat Krapyak dan dengan masyarakat daerah sekitarnya, hal ini diidentikan dengan sifat lopis yang lengket.
masyarakat krapyak juga biasanya menyediakan makanan ringan dan minuman secara gratis kepada para pengunjung. jumlah pengunjung pada tradisi ini mencapai ribuan orang yang berasal dari seluruh kota pekalongan dan sekitarnya.

0 komentar: