Pages

Navigation Menu

Menjelajah Pekalongan dengan Ojek Pariwisata


KEBERADAAN OJEK MONTOR berbasis aplikasi semakin dikenal luas oleh masyarakat di berbagai kota. Layanan ojek online itu kini juga bisa ditemukan di Kota Pekalongan. Adalah anggota klub motor di Kota Pekalongan yang menginisiasi layanan ojek online tersebut dengan nama Rangga Pro Wisata. Rangga merupakan akronim dari Orang G-A. G-A adalah kode nomor kendaraan untuk Kota Pekalongan. Inisiator Rangga Pro Wisata, Mamik Slamet Kertoraharjo menjelaskan, Rangga Pro Wisata hampir sama dengan layanan ojek online di sejumlah kota. Hanya saja, sesuai namanya, Rangga Pro Wisata hanya melayani wisatawan yang akan berkunjung ke sejumlah objek wisata di Kota Pekalongan dan sekitarnya. ‘‘Kami sama seperti ojek konvensional, tapi fokus ke pariwisata. Kami akan mengantarkan wisatawan ke sejumlah tempat wisata, kuliner, pusat perbelanjaan dan lainnya,” terangnya saat mengantarkan Penjabat Wali Kota Pekalongan Prijo Anggoro Budi Rahardjo berwisata kuliner di Rumah Makan Pande Rasa, Senin (25/1). Ada 21 pengojek yang siap mengantarkan wisatawan menjelajahi objek wisata di Kota Pekalongan.

Mereka berasal dari berbagai komunitas motor. Ada tiga komunitas motor yang bergabung dengan Rangga Pro Wisata ini, yakni komunitas motor Xeon, Jupiter dan Mio. ‘‘Kami ingin menjadi bagian dari pelaku pariwisata di Kota Pekalongan. Daripada hanya kongkow, kopi darat dengan pengguna motor lainnya, lebih baik bergabung ke Rangga yang lebih bermanfaat,‘‘ jelasnya. Menurut Mamik, Rangga Pro Wisata yang beroperasi sejak awal tahun ini tidak menggunakan aplikasi khusus. Sistem pemesannya, kata dia, melalui hotel-hotel yang ada di Kota Pekalongan. Saat ini, pihaknya bekerja sama dengan 20 hotel. Namun pihaknya akan mengembangkan sistem pemesanan yang mudah diakses, misalnya melalui layanan BBM (BlackBerry Messenger), WA (whatsapp), atau nomor telepon. ‘‘Mana yang memudahkan pelanggan, bisa diakses,‘‘ tambahnya. Sementara itu, untuk tarifnya berdasarkan pada paket perjalanan. Ada lima paket perjalanan yang ditawarkan, yakni paket Aselama delapan jam tarifnya Rp 200.000, paket B atau empat jam tarifnya Rp 100.000 dan paket C atau dua jam tarifnya Rp 50.000. Adapun paket D atau satu jam tarifnya Rp 25.000 dan paket E sekali jalan tarifnya Rp 20.000. Pengojek yang tergabung dalam Rangga Pro Wisata ini sudah diberikan pembekalan pengetahuan terkait wisata. ‘‘Ada 161 rumah industri batik yang bisa menjadi referensi mengantarkan penumpang,” jelasnya. Salah seorang pengojek, Lisin Muhammad mengaku tertarik bergabung dengan Rangga Pro Wisata karena ingin ikut berkontribusi memajukan pariwisata di Kota Pekalongan. ‘‘Dulu, saat kumpul dengan teman-teman kami sering ngobrol, Pekalongan ada tempat wisata, tapi tamunya bingung. Bagaimana ya caranya untuk mempromosikan pariwisata Kota Pekalongan itu,‘‘ terangnya. Selain itu, untuk menambah penghasilan keluarga. Sehari-hari, Lisin Muhammad berdagang kerudung di rumah dan di pasar tiban. “Daripada cuma nongkrong di pinggir jalan, lebih baik mengojek seperti ini bisa buat tambah penghasilan. Lumayan, buat tambah- tambah penghasilan,” kata anggota Komunitas Moka ?(Mio Kota Pekalongan) itu. Sejak bergabung dengan Rangga Pro Wisata, warga Kelurahan Kuripan Yosorejo tersebut setiap hari selalu membawa dua helm untuk antisipasi apabila ada permintaan untuk mengantas wisatawan. Sementara itu, Wali Kota mengaku senang karena hadirnya ojek pariwisata tersebut dapat mewarnai Kota Pekalongan sebagai kota jasa, dagang dan pariwisata. Ia berharap ojek pariwisata dapat mudah diakses bagi siapa pun tanpa membedakan pengguna jasa menginap di hotel atau tidak. ‘‘Kalau bisa nanti pesan ojeknya tidak hanya lewat hotel. Karena belum tentu yang menggunakan jasa ojek itu yang menginap di hotel,” harapnya. Selain itu, ia juga meminta kepada pengojek untuk cepat dalam melayani konsumen dan memberikan pelayanan yang sopan dan ramah, sehingga membuat konsumen nyaman. “Sedia jas hujan agar penumpang tidak kehujanan,‘‘ tambahnya.

1 komentar:

  1. Apik gan infone...

    Kulonuwon, Kulo bade numpang info geh... Matursuwon... 

    "KESESI RENTAL MOBIL
    & TAXI BORONGAN"
    AVANZA/XENIA
    Bersih dan Nyaman.

    Kami menyewakan MOBIL 300rb + SUPIR 100rb (tidak termasuk bensin, tol, parkir dan maaf tidak bisa sewa lepas kunci).

    Harga Promo Bulan ini:
    Hanya Rp.400 ribu per tanggal, dalam kota, sudah plus supir.
    Hanya Rp.500 ribu per tanggal, luar kota Pekalongan, sudah plus supir.


    TAXI BORONGAN

    Melayani Jasa Taxi Borongan Antar Jemput Bandara Sekali Jalan.

    Kami akan jemput Anda dari Bandara Ahmad Yani Semarang kemudian kami antarkan ke lokasi anda dalam area Batang, Pekalongan, Bojong, Kajen, Kesesi, Bodeh, Comal, Pemalang, Banjarnegara & Brebes, sekali jalan.

    Dan sebaliknya, dari daerah tersebut kami akan layani anda menuju ke Bandara Ahmad Yani sekali jalan.

    Tarif Promo Bulan ini :
    Rp.700 rb sekali jalan (sudah termasuk Mobil, Supir, Tol dan Parkir). Kalau jarak dekat lebih murah.

    DUDUK... NGENG... TEKO...!!!

    Hubungi : VICCO
    KESESI TAXI & RENT A CAR
    SMS : 085601991957
    WA : 081381086757
    Monggo Sewa Mobil Kesesi
    Sejak Dulu Kala
    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=108292899808522&id=100018834362647

    BalasHapus