Pages

Navigation Menu

Tari Batik


Kota Pekalongan sudah lama dikenal sebagai Kota Batik merupakan salah satu kota di Jawa Tengah dengan sebagian besar penduduknya menggantungkan hidupnya dari industri batik sehingga seni dan budaya yang ada di kota pekalongan cukup banyak yang mendapat pengaruh dari kegiatan membatik. Keanekaragaman seni dan budaya tradisional maupun modern yang ada di kota Pekalongan dapat bersinergi dengan baik yang mencerminkan pola kehidupan masyarakat majemuk yang tentu saja keberadaannya patut dipertahankan dan dilestarikan. Kesenian terkait Batik yang tumbuh di Kota pekalongan, diantaranya adalah Tari Batik. Tari Batik ini mendapat perhatian yang cukup tinggi bagi Pemerintah Kota Pekalongan.

Tari Batik adalah Sebuah Tarian Kreasi khas Kota Pekalongan yang menggambarkan sebuah proses membuat batik, terdiri dari 12 langkah pembuatan batik yaitu:
1) Nyungging 
2) Njaplak
3) Nglowong 
4) Ngiseni 
5) Nyolet 
6) Mopok 
7) Ngelir 
8.) Nglorod              
9) Ngrentasi  
10) Nyumi’I 
11) Nyoga 
12) Nglorod


12 Langkah tersebut menjadikan Indonesia mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai Pewaris Budaya Tak Benda untuk Kemanusiaaan, ( Intangible Cultural Heritage For Humanity ). Melalui hasil  Kreatifitas seniman Kota  Pekalongan  maka terciptalah Tari Batik Sebagai Identitas Kesenian Khas Kota Pekalongan Sekaligus untuk mewujudkan Pekalongan Sebagai Kota Batik Sesuai dengan Branding Kota Pekalongan “World’s city of Batik”. 

0 komentar: