Pages

Navigation Menu

TARI BATIK ARWANA

Kota Pekalongan memiliki beragam budaya yang sangat menarik dan masih lestari. Budaya tersebut terlahir dari ekspresi dan apresiasi dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya yang terdiri dari tiga etnis, yaitu; Arab, Jawa dan China atau disingkat ARWANA.
Sentuhan ARWANA dapat kita jumpai dalam bentuk seni dan budaya, baik yang masih asli dari masing-masing etnis tersebut maupun dalam bentuk kolaborasi atau percampuran seni budaya antar etnis. ARWANA dapat pula kita jumpai pada motif-motif Batik ataupun pengusaha Batik dari Pekalongan. Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat Pekalongan antar etnis tersebut bekerja sama dan saling terkait pada proses pembuatan batik, penyediaan bahan batik hingga distribusi dan pemasaran Batik untuk mewujudkan Kota Pekalongan “World’s City of Batik”.
Tari ARWANA kami sajikan sebagai gambaran kehidupan sehari-hari masyarakat ARWANA di Kota Pekalongan dalam membuat batik. Kebersamaan dan kekompakkan terlihat dalam harmonisasi gerak dan ekspresi para penari yang terbalut dalam busana batik dengan motif Arab, Jawa dan China. Tari ARWANA menjadi semakin indah dan membanggakan karena diiringi kesenian Marawis dari KOMPAK (Komunitas Marawis Kota Pekalongan) dan musik gamelan oleh Paguyuban Karawitan Laras Wisata dari Staff Dinas Perhubungan, Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pekalongan guna mensukseskan Visit Jawa Tengah 2013.



0 komentar: