Pages

Navigation Menu

CALENDER OF EVENTS KOTA PEKALONGAN TAHUN 2015

MATRIKS CALENDER OF EVENTS
KOTA PEKALONGAN TAHUN  2015


DINAS PERHUBUNGAN, PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KOTA PEKALONGAN

No
Kategori Events
Judul Events
Lokasi
Waktu
Keterangan

MICE
-
-


1
FESTIVALS
Tahun Baru Imlek
Pawai Cap Gomeh

Klenteng Pho An Tian
Jl. Blimbing
19 Peb 2015
5  Maret 2015
Peringatan tahun baru China diramaikan dengan pawai seni dan budaya etnis Tionghoa sebagai ungkapan syukur dan harapan agar dapat meraih kesuksesan di tahun mendatang.

2
FESTIVALS
Launching Pekalongan Kota Kreatif Dunia dan Peringatan Hari Jadi Kota Pekalongan

Jl. Mataram –                     Kota Pekalongan
01 April 2015

Pentas Wayang Kulit Kolaborasi dan Seni Budaya dalam rangka Launching Pekalongan Kota Kreatif Dunia. Peringatan Hari Jadi Kota Pekalongan diisi dengan serangkaian kegiatan: Kirab Ritual Hari Jadi Kota Pekalongan adalah kirab budaya dengan membawa gunungan barokah. Acara ini dihadiri seluruh masyarakat Pekalongan yang mengikuti ritual istighotsah dan do’a bersama agar Kota Pekalongan semakin sejahtera. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan berbagai lomba baik antar Kelurahan maupun lomba antar instansi.

3
FESTIVALS
Tradisi Pek Cun dan Festival ”Pintoe Dalem”

·    Pantai Pasir Kencana
·    Kawasan Pecinan,
( Jl. Blimbing )
      Juni 2015
(Tanggal 5 bulan 5 tahun Imlek)
Tradisi sedekah laut yang dilakukan oleh etnis Tionghoa dengan membakar replika kapal dan sesaji kemudian melarungnya ke laut sebagai ungkapan syukur dan harapan agar diberi limpahan rejeki. Terdapat berbagai atraksi seni/ budaya, Barongsay dan Liong serta lomba mendirikan telur. Kegiatan ini dimeriahkan dengan Festival Pintoe Dalem yang menyajikan Festival seni, budaya dan kuliner etnis Tionghoa serta kolaborasi kesenian Jawa dan Arab. Festival ini dikunjugi berbagai masyarakat lintas suku dan agama yang tertarik dengan atraksi seni budaya dan kuliner khas Tionghoa.

4
RELIGI
Khaul Habib Ahmad bin Abdullah bin Tholib Al Atas

Kompleks Pemakaman Umum Sapuro – Pekalongan Barat
( 14 Sya’ban )
      Mei 2015
Acara peringatan atas lahirnya salah satu tokoh besar penyebar agama islam di Pulau Jawa. Acara ini dihadiri oleh seluruh masyarakat dari pelosok nusantara, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam serta Timur Tengah.
5
FESTIVALS
Syawalan/ Lopis Raksasa

Kelurahan Krapyak – Pekalongan Utara

8 Syawal 1435 H/  24  Juli 2015

Tradisi Pemotongan Lopis Raksasa sebagai simbol eratnya tali silaturahmi masyarakat Pekalongan. Lopis kemudian dibagikan kepada para pengunjung yang datang dari seluruh penjuru Kota Pekalongan serta berbagai daerah di sekitarnya. Setelah acara pemotongan lopis selesai biasanya masyarakat berbondong-bondong menuju ke pantai untuk menikmati  indahnya pantai Pasir Kencana dan pantai Slamaran serta hiburan musik/ wisata kuliner.
6
SPORT
Lomba Dayung Perahu Tradisional

Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan

 15-16  Oktober 2015

Lomba Dayung perahu tradisional dalam dua kategori yaitu dewasa dan anak-anak ini diikuti oleh para pedayung dari wilayah Kota Pekalongan dan daerah lain di sekitar Kota Pekalongan. Lomba ini memperebutkan Trophy Walikota dan Piala bergilir serta hadiah yang sangat menarik.
7
FESTIVALS
Pekan Batik International

Kawasan Jetayu   Kota Pekalongan
2-7 Oktober  2015

Pameran produk unggulan/ potensi pariwisata  nasional serta pentas seni dan budaya. Selain itu, Pameran ini juga diselenggarakan sebagai upaya melestarikan dan memperkenalkan Batik kepada dunia interansional.
8
FESTIVALS
Kirab Budaya  Kota Pekalongan dan Karnaval Batik Pekalongan 2015

Kawasan  Jetayu
6  Oktober 2015
Kirab Budaya yang menampilkan seluruh potensi budaya di Kota Pekalongan yang dari tahun ke tahun semakin meriah, menarik serta inovatif yang merupakan wujud persatuan antara pemerintah, masyarakat dari berbagai etnis, seniman, budayawan serta pengusaha.
9
FESTIVALS
Pawai Ta’aruf  1 Muharam
(Anak-anak PAUD)
Alun-alun Kota Pekalongan
1 Muharam 1435 H  /
 14 Oktober 2015
Pawai seni dan budaya islami yang dilakukan oleh anak-anak PAUD se-Kota Pekalongan dalam rangka peringatan 1 Muharam. 
10
FESTIVALS
Sadranan/ Nyadran/ Sedekah Laut

Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan
14  Oktober 2015

Tradisi sedekah laut oleh nelayan dengan melarung sesaji ke tengah laut sebagai rasa syukur dan harapan atas hasil laut yang melimpah. Panitia menyelenggarakan berbagai lomba, pasar murah, pentas hiburan musik, Sintren dan Wayang Kulit.
11
SPORT
Lomba Mancing
Pantai Pasir Kencana
  Desember 2015
Lomba mancing khusus mancing mania memperebutkan Trophy Walikota Pekalongan dan berbagai hadiah menarik. Peserta berasal dari Kota Pekalongan dan daerah sekitar, bahkan sampai Semarang dan Cirebon.



0 komentar: